Cara Membudidayakan Anggur Dengan Tepat Sampai Berbuah



Anggur adalah buah yang sangat mudah dimakan, dengan hampir 96% buah anggur dapat dikonsumsi. Hanya sedikit yang bisa menolak rasa manis khas buah anggur. Sayangnya, sebagian besar wine yang dikonsumsi di dalam negeri adalah impor. Faktanya, budidaya anggur merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dan mudah dilakukan.


Karena anggur memiliki nilai pasar yang tinggi dibandingkan dengan varietas buah-buahan lainnya, ditambah dengan tingginya permintaan domestik terhadap anggur di Indonesia, budidaya anggur menghadirkan prospek komersial yang layak—baik sebagai mata pencaharian utama maupun sebagai usaha tambahan.

Pembahasan kali ini akan menguraikan cara budidaya tanaman anggur, menggali potensi tanaman ini untuk dijadikan sebagai usaha bisnis.


Anggur bisa ditanam dalam wadah selain ditanam di tanah. Meskipun perbanyakan dari biji dapat dilakukan, namun memerlukan proses yang panjang sebelum dapat menghasilkan buah. Oleh karena itu, penanaman dari stek dianjurkan. Penanaman wadah yang benar adalah sebagai berikut:


1. Pilih varietas anggur yang sesuai dengan iklim setempat, hindari benih dari anggur meja karena keturunannya mungkin berbeda.

2. Stratifikasi benih dengan merendam benih dalam air hangat selama 24 jam, kemudian menyimpannya dalam lemari es dalam lumut gambut lembab selama tiga bulan pada suhu 2-5°C untuk mensimulasikan musim dingin.


3. Pindahkan benih yang telah distratifikasi ke media tanam anggur yang memiliki drainase baik dengan jarak 4 cm dengan pencahayaan harian 16 jam. Bibit akan muncul dalam waktu 2-8 minggu.

4. Pindahkan bibit berdaun dua ke dalam pot berukuran 10 cm. Tingkatkan ke kontainer yang lebih besar setelah enam minggu.


5. Setelah pasangan daun kedelapan terbentuk, sesuaikan bibit dengan tempat teduh sebelum terkena sinar matahari penuh. Siram setiap minggu dengan 16ml per tanaman dan pupuk sesuai petunjuk produk.

Perawatan dan pemantauan rutin akan membantu memastikan keberhasilan pengoperasian anggur. Dengan teknik budidaya yang tekun, anggur menawarkan potensi pertanian yang menguntungkan.


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membudidayakan Anggur Dengan Tepat Sampai Berbuah"

Posting Komentar